Permainan Bola Kasti Lengkap

Permainan Bola Kasti – Permainan kasti termasuk permainan bola kecil. Permainan kasti ini dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri dari 12 pemain. Di dalam permainan kasti, ada regu yang bertindak sebagai regu pemukul dan ada juga yang menjadi regu penjaga. Regu pemukul aadalah regu yang bertugas untuk melakukan pukulan, sedangkan regu penjaga yaitu regu yang ditugaskan untuk menjaga pukulan-pukulan bola dari regu pemukul.

Permainan bola kasti ini memang, sangat populer di sekolah dasar dan dapat dilakukan secara bersama-sama oleh anak laki-laki maupun perempuan.

 

Lapangan dan Perlengkapan

Nah, sebelum kita mempelajari teknik dalam permainan bola kasti, maka sebaiknya kita juga perlu mengetahui lapangan dan perlengkapan yang akan kalian gunakan. Kita juga perlu mengetahui beberapa aturan permainannya. Wah, kalian tentu sudah tidak sabar untuk mengetahuinya. Nah, sekarang ayo kita mulai. Alat-alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah: Baca: Materi Sepak Bola

 

Lapangan

Lapangan merupakan salah satu sarana yang diperlukan dalam permainan kasti. Permainan kasti dapat dilakukan di tanah lapang atau halaman yang luas. Tahukah kalian bentuk lapangan kasti? Jika belum, coba kalian perhatikan gambar di bawah ini. Gambar tersebut menunjukkan bentuk lapangan kasti.

Permainan Bola Kasti Lengkap
Permainan Bola Kasti Lengkap

 

Keterangan:

I = ruang pembantu

II = ruang pemukul

III = ruang pelambung

IV = ruang bebas

X – Y = garis pemukul

 

Bola

Peralatan pertama yang dibutuhkan untuk bermain kasti adalah bola. Bola kasti terbuat dari karet. Di dalamnya diisi dengan sabut kelapa. Bola tersebut berwarna merah marun. Tahukah kalian berapa ukuran bola kasti? Berat bola antara 70 – 85 gram. Luas kelilingnya antara 19 – 21 cm.

bola kasti
bola kasti

 

Pemukul

Pemukul digunakan untuk memukul bola. Pemukul terbuat dari kayu dengan panjang antara 50 – 60 cm.

Pemukul kasti
Pemukul kasti

Aturan permainan sederhana

Dalam pertandingan kasti ini terdapat lama permainan adalah 2 x 20 menit atau 2 x 30 menit yang ditambah dengan istirahat 10 menit. Permainan kasti dimainkan oleh 2 regu. Setiap regu terdiri dari 12 pemain. Salah satu regu menjadi regu pemukul. Regu yang lain sebagai regu penjaga.

Regu pemukul harus berusaha semaksimal mungiin untuk memukul bola, kemudian berlari ke tiang hinggap. Bila memungkinkan langsung berlari ke ruang bebas. Adapun untuk regu penjaga berusaha mencegah regu pemukul sampai ke tiang hinggap. Agar regu pemukul tidak sampai ke tiang hinggap, regu penjaga harus dapat mematikannya.

Bagaimana cara mematikan pemain regu pemukul? Lempar bola atau sentuhkan bola ke arah pemain regu penjaga. Anggota badan yang boleh dilempar atau disentuh bola adalah pinggang sampai kaki. Jika regu penjaga dapat mematikan pemain regu pemukul, maka terjadi pergantian tempat. Regu penjaga berganti menjadi regu pemukul. Sebaliknya regu pemukul berganti menjadi regu penjaga. Demikian seterusnya.

Lalu bagaimana setiap regu memperoleh nilai? Regu pemukul memperoleh nilai bila:

1) dapat memukul dengan benar dan dapat langsung kembali ke ruang bebas dengan selamat, maka akan memperoleh nilai 2,

2) dapat memukul bola dengan benar dan dapat kembali ke ruang bebas dengan selamat setelah sebelumnya hinggap di tiang hinggap, maka memperoleh nilai 1.

Adapun regu penjaga memperoleh nilai apabila:

1) dapat menangkap langsung bola yang dipukul oleh pemukul, maka memperoleh nilai satu,

2) dapat menangkap langsung bola yang dipukul oleh pemukul 3 kali berturutturut, maka memperoleh nilai 3. Regu yang dapat mengumpulkan nilai terbanyak yang dinyatakan sebagai pemenang.

 

Teknik Dasar

Kalian telah mengetahui peralatan yang diperlukan dalam permainan kasti. Nah sekarang kalian perlu mengetahui beberapa teknik dasarnya. Secara garis besar, teknik dasar permainan bola kasti terdiri dari melempar, menangkap, dan memukul. Teknik lemparan dan tangkapan diterapkan oleh regu yang bertindak sebagai penjaga. Adapun teknik pukulan dilakukan oleh regu yang bertugas sebagai pemukul.

 

Melempar bola

Teknik melempar bola dilakukan oleh regu penjaga. Setiap regu penjaga harus memiliki kemampuan menangkap yang baik. Terdapat beberapa teknik dasar melempar bola dalam permainan kasti. Ada lemparan datar, lemparan melambung, maupun lemparan menyusur tanah.

Lemparan bola dapat dilakukan dengan tangan kanan maupun tangan kiri. Setiap lemparan memiliki arah yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah gambar yang menunjukkan macam-macam lemparan. Perhatikan arah lemparan bolanya.

Tehnik melempar bola kasti
Tehnik melempar bola kasti

 

1) Lemparan bola datar

Cara melakukan lemparan mendatar yaitu:

  1. a) Pegang bola dengan tangan kanan, posisi kaki depan belakang. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. b) Ayunkan lengan lurus dari belakang ke depan.
  3. c) Lemparkan bola ke depan setinggi dada.
  4. d) Pandangan mata ke arah sasaran.

2) Lemparan bola melambung

Cara melakukan lemparan melambung yaitu:

  1. a) Pegang bola dengan tangan kanan, posisi kaki depan belakang. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. b) Ayunkan lengan lurus dari belakang ke depan atas.
  3. c) Lemparkan bola ke depan atas
  4. d) Pandangan mata ke arah sasaran.

3) Lemparan bola menyusur tanah

Cara melakukan lemparan mendatar yaitu:

  1. a) Pegang bola dengan tangan kanan, posisi kaki depan belakang. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. b) Ayunkan lengan lurus dari belakang ke depan.
  3. c) Lemparkan bola menyusur tanah
  4. d) Pandangan mata ke arah sasaran.

Selain lemparan di atas, ada lagi satu teknik lemparan yang harus dikuasai regu penjaga. Lemparan tersebut dilakukan oleh pelambung. Pelambung bertugas untuk melemparkan bola kepada pemukul dari regu lawan. Cara melakukannya yaitu:

1) Ayunkan tangan dari bawah ke atas.

2) Arah bola disesuaikan dengan permintaan pemukul

 

Tehnik melempar bola kasti yang benar
Tehnik melempar bola kasti yang benar

Menangkap bola

Teknik selanjutnya adalah menangkap bola. Pada saat menangkap bola, pandangan mata tertuju ke arah bola. Tangkapan disesuaikan dengan arah datangnya bola. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar tersebut menunjukkan teknik menangkap bola yang datangnya mendatar dan bola yang datangnya melambung dari atas.

Tehnik menangkap bola kasti
Tehnik menangkap bola kasti

 

1) Menangkap bola mendatar

Cara menangkap bola mendatar yaitu:

  1. a) Sikap badan tegak, kaki sedikit terbuka. Kedua lengan terjulur ke depan setinggi dada.
  2. b) Pandangan ke arah datangnya bola.
  3. c) Kedua telapak tangan terbuka, pergelangan kedua tangan dirapatkan.
  4. d) Saat bola sampai, pegang bola dengan kedua tangan.

2) Menangkap bola lambung

Cara menangkap bola lambung yaitu:

  1. a) Sikap badan tegak, kaki sedikit terbuka. Kedua lengan terjulur ke depan atas. Arah lengan menyesuaikan arah datangnya bola.
  2. b) Pandangan ke arah datangnya bola.
  3. c) Kedua telapak tangan terbuka, pergelangan kedua tangan dirapatkan. d) Saat bola sampai, pegang bola dengan kedua tangan.

 

Gambar berikut ini menunjukkan cara menangkap bola yang menyusur tanah. Ada 3 sikap untuk menangkap bola yang datangnya menyusur tanah.

 

cara menangkap bola
cara menangkap bola

 

Memukul bola

Tehnik pukulan dalam bermain bola kasti
Tehnik pukulan dalam bermain bola kasti

 

Teknik selanjutnya adalah memukul bola. Teknik ini dilakukan oleh regu pemukul. Pemukul harus dapat memukul dengan baik. Pukulan yang baik adalah pukulan yang tidak terjangkau oleh regu penjaga. Namun ingat, pukulan tidak boleh keluar dari lapangan permainan. Agar kalian dapat memukul dengan baik, perhatikan teknik memukul berikut ini! Perhatikan gambarnya dengan baik! Ada 3 macam teknik pukulan dalam permainan bola kasti, yaitu:

Itulah tadi sedikit artikel mengenai permainan bola kasti lengkap dengan tehnik memukul, tehnik menangkap bola dan lain sebagainya.