Pembagian Daerah Waktu di Indonesia (Zona Waktu Indonesia)

Pembagian Daerah Waktu di Indonesia – Mengapa terjadi perbedaan waktu antara daerah yang satu dengan daerah lainnya? Perbedaan waktu terjadi karena adanya rotasi bumi. Bumi berputar pada porosnya setiap 24 jam sekali sehingga terjadi siang dan malam. Terjadinya siang dan malam tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan waktu.

Sekali perputaran bumi akan menempuh 360 derajat. Mengapa demikian? Karena putaran bumi berbentuk lingkaran. Coba kamu buat lingkaran dengan jangka atau uang logam, kemudian ukurlah dengan busur derajat. Berapa besar derajat lingkaran tersebut? Bukankah besarnya 360 derajat?

Bumi berputar sebesar 360 derajat selama 24 jam. Apabila perputaran selama 1 jam, berapa derajat yang ditempuh putaran bumi? Caranya adalah membagi 360 derajat dengan 24 jam (360 : 24). Berapa hasilnya? Jawabnya adalah 15. Dengan demikian tiap berputar 1 jam, bumi melakukan putaran sebesar 15 derajat.

Cobalah kamu buka atlas atau peta milikmu! Pada terlihat garis yang mendatar dan membujur. Garis yang mendatar ke kiri atau ke kanan tersebut disebut garis lintang. Sedangkan garis yang membujur dari atas ke bawah disebut garis bujur. Di mana garis khatulistiwa? Garis khatulistiwa merupakan garis yang melintang tepat di tengah gambar globe tersebut. Sehingga garis khatulistiwa sering pula disebut garis lintang 0 (nol). Garis ini membelah bumi menjadi dua bagian yakni utara dan selatan. Garis yang melintang di atas khatulistiwa, disebut garis Lintang Utara (LU). Sedangkan garis yang melintang di bawah (selatan) garis khatulistiwa disebut garis Lintang Selatan (LS).

Garis yang membujur dari utara ke selatan juga disebut juga garis meridian. Garis bujur membelah bumi menjadi dua bagian yaitu barat dan timur. Dimana letak garis bujur? Garis bujur terletak di kota Greenwich, Inggris. Garis bujur ini disebut juga garis bujur 0 derajat. Garis bujur di sebelah barat garis bujur 0 derajat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan garis bujur di sebelah timur garis bujur 0 derajat disebut garis Bujur Timur (BT).

 

Pembagian Daerah Waktu di Indonesia (Zona Waktu Indonesia)

Bagaimana cara untuk menentukan waktu di Indonesia? Negara Indonesia terletak di sebelah timur Greenwich. Sehingga waktu Indonesia lebih dahulu daripada Greenwich. Mengapa demikian? Karena bumi berotasi dari barat ke timur, sehingga bertemunya matahari lebih dahulu Indonesia daripada Greenwich. Karena waktu Indonesia lebih awal, maka caranya adalah dengan mengurangi waktu di Greenwich dengan menghitung jarak derajat Indonesia dengan Greenwich.

Pembagian Daerah Waktu di Indonesia
Pembagian Daerah Waktu di Indonesia

 

Menurut garis bujur, Indonesia terletak pada bujur berapa? Ternyata Indonesia terletak pada bujur 96° BT sampai 135° BT. Nah caranya dengan menghitung kelipatan 15 derajat dari Greenwich. Dengan demikian kita membagi angka derajat yang dapat dibagi 15, yakni angka 105. Derajat 105 adalah kota Jakarta.

Apabila di Greenwich pukul 24.00, maka di Jakarta pukul berapa? Untuk menghitung 105 derajat adalah dengan membaginya dengan angka 15. Ingatlah bahwa 15 derajat sama dengan satu jam. 105 : 15 adalah 7. Dengan demikian selisih waktu Greenwich dengan Jakarta adalah 24-7 = 17.00. Artinya apabila di Greenwich pukul 24.00, maka di Jakarta adalah pukul 17.00 atau pukul 5 sore.

 

Pembagian Tiga Daerah Waktu di Indonesia

Pembagian daerah waktu di Indonesia terdapat 3 bagian, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Daerah mana saja yang termasuk dalam WIB, WITA, dan WIT?

 

Waktu Indonesia Barat (WIB)

Waktu Indonesia Barat adalah garis 96°-105°BT. Daerah WIB adalah Pulau Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

 

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Waktu Indonesia Tengah adalah 106° – 120°BT Daerah WITA adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

 

Waktu Indonesia Timur (WIT)

Waktu Indonesia Timur adalah 120°- 135° BT Daerah WIT adalah kepulauan Maluku dan Papua.

Maka sekarang kamu dapat menghitung perbedaan waktu di Indonesia. Apabila di daerah WIT pukul 07.00, maka di daerah WITA pukul 06.00, dan di daerah WIB pukul 05.00. Apabila di daerah WIT matahari pagi sudah tinggi, maka di daerah WIB, matahari baru akan muncul.

Sekarang coba kita melihat perbedaan waktu pada dua tempat di bawah ini. Tita yang tinggal di Papua sedang belajar di sekolah pada pukul 08.00 pagi. Sedangkan Ikhwan di Yogyakarta sedang mandi. Jam berapa Ikhwan saat mandi tersebut? Caranya adalah dengan melihat perbedaan waktu yang telah dicantumkan di atas.

Yogyakarta termasuk ke dalam pulau Jawa. sehingga tempat tinggal Ikhwan masuk Waktu Indonesia Barat. Waktu Indonesia Barat dengan Waktu Indonesia Timur lebih awal 2 jam. Dengan demikian waktu mandi Ikhwan adalah waktu belajar Tita dikurangi 2 jam. Jadi Ikhwan mandi pada pukul 06.00 WIB, sedangkan Ani belajar pada pukul 08.00 WIT.