Materi Olahraga Sepak Bola Lengkap

Materi Olahraga Sepak Bola Lengkap ( Teknik, Pemain, Lapangan) – Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang paling digemari di dunia. Sepak bola ini termasuk permainan bola besar. Permainan ini dimainkan di lapang dan terdapat 2 regu dalam pertandingan. Kemenangan dalam permainannya ditentukan oleh gol. Regu yang paling banyak mencetak gol dinyatakan sebagai pemenang.

Pernahkah kalian bermain sepak bola? Di mana kalian memainkan permainan tersebut? Tentu menyenangkan bukan? Apakah kalian sudah memahami teknik permainan sepak bola dengan baik?

Pada artikel kali ini kita akan belajar hal-hal yang berkaitan dengan sepak bola. kita akan mempelajari beberapa teknik dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik dalam permainan sepak bola seperti tehnik menendang bola, mengontrol bola dan menggiring bola. Banyak teknik permainan dalam sepak bola. Berikut adalah materi mengenai permainan sepak bola.

Materi Olahraga Sepak Bola Lengkap ( Teknik, Pemain, Lapangan, Lama Permainan Sepak Bola)

 

Lapangan dan Perlengkapan

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Dalam pertandingan sebenarnya, pertandingan sepak bola menggunakan lapangan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Panjang = 100 – 110 m
  • Lebar = 64 – 75 m
  • Daerah gawang = 5,5 m
  • Daerah hukuman = 40,39 x 16,5 m
  • Garis tengah lingkaran = 9,15 m
  • Titik penalti = 11 m dari garis gawang
Contoh Sepak Bola yang benar
Contoh Sepak Bola yang benar

 

Kalian tentunya dapat bermain dengan lapangan yang lebih kecil. Kalian belum mampu untuk bermain di lapangan dengan ukuran sebenarnya.

Ukuran Gawang Sepak Bola

Diperlukan 2 gawang dalam permainan sepak bola. Setiap regu harus berusaha menjaga agar gawangnya tidak kemasukan. Ukuran gawang dalam sepak bola adalah:

1) Tinggi = 2,44 m

2) Lebar = 7,32 m

3) Bahan = Kayu, logam, fiberglas

4) Tebal = maksimal 12 cm

 

Ukuran Bola

Bola merupakan perlengkapan utama dalam sepak bola. Bola terbuat dari kulit. Berat bola tersebut antara 396 – 453 gram. Adapun kelilingnya antara 68 – 71 cm.

Ukuran Bola
Ukuran Bola

 

SEJARAH PSSI

PSSI pertama kali dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta yang dikenal dengan Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. PSSI ini didirikan oleh Soeratin Sosrodoegondo seorang insinyur sipil.

Sebagai seorang pemuda yang gemar dalam bermain sepak bola, ia menyadari kepentingan pelaksanaan butir-butir keputusan yang telah disepakati bersama dalam pertemuan para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Soeratin melihat sepak bola sebagai wadah terbaik untuk menyemai nasionalisme di kalangan pemuda sebagai sarana untuk menentang Belanda.

 

Teknik Dasar Sepak Bola

Berikut ini adalah teknik dasar dalam permainan sepak bola. Silakan praktekan dengan baik tehnik-tehnik berikut ini.

  • Menendang bola

Menendang bola merupakan teknik paling dasar dalam permainan sepak bola. Ketika kamu menendang bola kamu bisa mengarahkannya ke gawang lawan maupun mengumpan kepada teman. Tujuannya adalah agar dapat mencetak gol, kalian harus dapat menguasai teknik menendang bola dengan baik.

Lalu bagian kaki mana saja yang dapat digunakan untuk menendang bola? Bola dapat ditendang dengan menggunakan kaki bagian dalam maupun punggung kaki atau kura-kura kaki.

 

Tehnik Dasar Sepak Bola
Tehnik Dasar Sepak Bola

 

  •  Menendang bola dengan kaki bagian dalam

Cara menendang bola dengan kaki bagian dalam yaitu:

a) Sikap awalan lurus dengan bola. Kaki tumpu diletakkan di samping bola. dan lutut sedikit ditekuk. b) Kaki sepak diputar ke luar sehingga kaki bagian dalam menghadap ke arah bola.

b) Bola disepak tepat pada titik pusatnya.

c) Pandangan ke arah sasaran.

 

  •  Menendang bola dengan punggung kaki

Cara menendang bola dengan punggung yaitu:

a) Sikap awalan lurus dengan bola. Kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari-jari

b) Pergelangan kaki ditekuk ke bawah sehingga punggung kaki menghadap bola,

c) Bola disepak dengan punggung kaki tepat pada titik tengahnya.

d) Pandangan ke arah sasaran.

e) Mengontrol bola

Mengontrol bola merupakan teknik menerima bola. Tahukah kalian bagian tubuh mana saja yang dapat digunakan untuk menerima bola? Dalam mengontrol bola Kalian dapat menerima bola dengan menggunakan kaki, dada, atau paha. Dalam permainan sepak bola ini hanya kiper yang boleh menerima bola dengan tangan.

Selanjutnya kalian akan mengetahui teknik mengontrol bola dengan kaki. Kalian akan belajar teknik mengontrol bola yang datangnya menyusur tanah. Oh, iya Kalian dapat menerima bola dengan sol sepatu maupun kaki bagian dalam. Berikut adalah contoh nya. Baca Juga: Olahraga Lompat Jauh

Tehnik Menontrol Bola
Tehnik Menontrol Bola

 

  • Menerima bola dengan sol sepatu

Cara menerima bola dengan sol sepatu yaitu:

a) Pandangan ke arah datangnya bola.

b) Kaki tumpu menghadap ke arah datangnya bola dan lutut sedikit ditekuk.

c) Angkat kakimu yang digunakan untuk mengontrol bola.

d) Saat bola sampai, hentikan dengan sol sepatu.

 

  • Menerima dengan punggung kaki

Cara menerima bola dengan punggung yaitu:

a) Pandangan ke arah datangnya bola.

b) Kaki tumpu menghadap ke arah datangnya bola dan lutut sedikit ditekuk.

c) Angkat kakimu yang digunakan untuk mengontrol bola. Kemudian tekuk pergelangan kaki mu hingga punggung kaki menghadap ke arah datangnya bola.

d) Saat bola sampai, hentikan dengan punggung kaki.

e) Saat bola sampai, punggung kaki agak ditarik ke belakang.

 

Menggiring bola

Teknik lain yang harus kalian kuasai adalah menggiring bola. Ada beberapa teknik menggiring bola. Tehnik menggiring bola ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam maupun dengan punggung kaki. Berikut adalah contohnya.

 

Cara menggiring bola
Cara menggiring bola

 

1) Menggiring bola dengan kaki bagian dalam

Cara menggiring bola dengan kaki bagian dalam yaitu: Cara menggiring bola dengan kaki bagian dalam yaitu bola didorong ke depan menggunakan kaki bagian dalam. Usahakan agar bola selalu dekat dengan kaki dan jauh dari jangkauan lawan.

2) Menggiring bola dengan punggung kaki

Cara menggiring bola dengan punggung kaki adalah dengan mendorong bola ke depan menggunakan punggung kaki. Teknik ini dilakukan apabila pemain bergerak ke depan. Pergelangan kaki yang digunakan untuk menggiring bola ditarik ke bawah. Usahakan agar bola dekat dengan kaki.

 

Bermain Sepak Bola dengan Peraturan Sederhana

Setelah mempelajari tehnik, ukuran lapangan dan ukuran bola kini, maka setidaknya kalian sudah memahami tentang sepak bola ini. Sekarang silakan kalian, coba lakukan permainan sepak bola sederhana. Lakukan permainan sepak bola dengan menggunakan gawang kecil tanpa kiper.

Buatlah kelompok dengan anggota 5 orang. Kemudian lakukan pertandingan antarkelompok. Praktikkan teknik yang telah kalian pelajari sebaik mungkin. Ingat, bekerja samalah dengan teman satu kelompok. Giring bola, umpan bola, dan cetak gol sebanyak mungkin. Sumber Materi: . ISBN 978-979-095-005-4