Makanan Sehat yang Harus Kita Konsumsi Setiap Hari

Makanan Sehat – Makanan berhubungan erat dengan kesehatan. Beberapa zat makanan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila kurang, badan akan menjadi kurus, lemas, dan tidak bertenaga. Kekurangan zat makanan juga dapat menyebabkan penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat makanan disebut defisiensi.

Makanan sangat diperlukan oleh tubuh. Makanan berfungsi untuk menghasilkan tenaga dan membangun sel-sel yang rusak. Selain itu, makanan juga berfungsi untuk mengatur proses dalam tubuh.

Makanan yang dibutuhkan tubuh adalah makanan yang bergizi. Makanan bergizi bukan yang harganya mahal atau produk luar negeri. Makanan bergizi adalah makanan sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung kandungan zat yang cukup. Zat makanan yang diperlukan tubuh meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air

 

Makanan Sehat yang Harus Kita Konsumsi

Makanan Sehat yang Harus Kita Konsumsi Setiap Hari
Makanan Sehat yang Harus Kita Konsumsi Setiap Hari

 

Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Orang dewasa lebih banyak memerlukan karbohidrat. Kita memerlukan karbohidrat untuk menghasilkan tenaga. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, kentang, dan gandum.

 

Lemak

Lemak terbagi menjadi dua, yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani adalah lemak yang berasal dari hewan. Misalnya daging dan minyak ikan. Adapun lemak nabati adalah lemak yang berasal dari tumbuhan. Misalnya kacang tanah dan kelapa. Lemak sangat dibutuhkan tubuh. Lemak berguna sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan. Tenaga yang dihasilkan lemak lebih besar daripada karbohidrat.

 

Protein

Protein ada dua macam, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Misalnya daging, telur, dan susu. Adapun protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan. Misalnya kacang tanah dan kedelai.

Protein mempunyai banyak kegunaan. Protein berguna sebagai zat pembangun, yaitu untuk pertumbuhan tubuh maupun untuk mengganti bagian tubuh yang rusak.

 

Mineral

Mineral tidak dapat dihasilkan oleh makhluk hidup. Namun, mineral sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Mineral berguna untuk pembangun dan pengatur sistem dalam tubuh. Mineral yang dibutuhkan tubuh bermacam-macam antara lain sebagai berikut.

 

Zat besi

Zat besi berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah. Zat besi banyak terdapat pada hati dan sayuran hijau. Kekurangan zat besi mengakibatkan kekurangan darah atau anemia.

 

Zat kapur dan posfor

Zat kapur dan posfor berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat kapur banyak terdapat pada susu, telur, dan ikan. Kekurangan zat kapur dapat mengakibatkan tulang menjadi keropos.

 

Fluor

Fluor berguna untuk membentuk lapisan email pada gigi.

 

Yodium

Yodium berguna untuk mencegah penyakit gondok. Yodium banyak terdapat pada garam beryodium dan ikan laut. Mineral tersebut harus ada dalam tubuh kita, agar kondisi tubuh tetap terjaga dan sehat.

 

Vitamin

Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur sistem dalam tubuh. Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun demikian, kekurangan vitamin dapat mengakibatkan penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin disebut avitaminosis.

 

Vitamin yang diperlukan tubuh sebagai berikut.

Vitamin A

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun. Bahkan kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan kebutaan mata. Bahan makanan yang mengandung vitamin A, misalnya hati, telur, susu, sayuran, dan buah-buahan.

 

Vitamin B

Kekurangan vitamin B mengakibatkan penyakit beriberi. Bahan makanan yang mengandung vitamin B, misalnya beras merah, hati, dan kacang-kacangan.

 

Vitamin C

Vitamin C biasa disebut antiskorbut. Jika tubuh kekurangan vitamin C akan mengakibatkan penyakit skorbut (sariawan usus). Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin C, misalnya buah-buahan segar dan sayuran segar.

 

Vitamin D

Vitamin D berguna untuk menguatkan tulang. Kekurangan vitamin D mengakibatkan penyakit rakhitis. Bahan makanan yang mengandung vitamin D, misalnya telur, susu, dan minyak ikan. Sinar matahari sangatlah penting dalam pembentukan vitamin D di dalam tubuh. Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari.

 

Vitamin E

Vitamin E berguna untuk mencegah kemandulan. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan keguguran kandungan dan kemandulan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E, misalnya susu, daging, kuning telur, dan tauge.

 

Vitamin K

Vitamin K diperlukan dalam pembekuan darah. Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah sukar membeku atau hemofilia. Bahan makanan yang mengandung vitamin K misalnya, hati, sayuran, dan kacang-kacangan.

 

Air

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kira-kira 75% dari tubuh kita terdiri atas air. Orang dewasa memerlukan air sekitar 2,5 liter setiap hari. Dan setidaknya kita mengkonsumsi 8 gelas air perhari, agar tubuh kita bisa terhindar dari dehidrasi.

 

Di dalam tubuh air, berfungsi untuk:

1) membantu pencernaan makanan

2) melarutkan zat-zat di dalam tubuh

3) mengatur suhu tubuh.

Apabila kekurangan air, tubuh akan lemas, misalnya pada

orang yang kehausan dan penderita diare.

 

Menu Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang menyebabkan tubuh menjadi sehat. Sebaliknya, menu makanan yang asal-asalan mengakibatkan malnutrisi.

Menu makanan bergizi seimbang disebut empat sehat lima sempurna. Apakah susunan empat sehat lima sempurna?

Empat sehat lima sempurna terdiri atas makanan pokok, misalnya beras, jagung, dan sagu; lauk pauk, misalnya daging, ikan, telur, dan tempe; sayuran, misalnya kacang panjang, kangkung, dan bayam; buah-buahan, misalnya, jeruk, mangga, pepaya, pisang, dan apel; terakhir susu.

Dalam menu makanan sehat di atas, makanan pokok merupakan sumber karbohidrat. Di dalam tubuh karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga. Lauk pauk merupakan sumber protein dan lemak. Protein merupakan zat pembangun tubuh. Adapun lemak merupakan cadangan makanan di dalam tubuh. Sayur mayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan zat pengatur sistem tubuh. Susu sebagai pelengkap. Susu mengandung semua zat makanan yang dibutuhkan tubuh.

 

Makanan Berserat dan Tidak Berserat

Setiap hari, kita dianjurkan untuk makan makanan yang berserat. Makanan berserat harus berasal dari makanan berserat alami. Makanan berserat alami mempunyai susunan kimia yang tidak berubah sampai di usus besar.

Makanan berserat mempunyai banyak manfaat. Manfaat makanan berserat, antara lain sebagai berikut.

  1. mencegah sembelit,
  2. mencegah timbulnya penyakit pada usus besar (termasuk

kanker),

  1. menurunkan berat badan,
  2. mencegah wasir,
  3. menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan
  4. mengontrol kadar gula darah.

Makanan berserat banyak manfaatnya. Oleh karena itu, kita harus mengonsumsi makanan berserat setiap hari. Makanan berserat alami bersumber dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *