Lompat Jauh : (Lengkap) Ukuran Bak Lompat, Gaya, Tehnik

Lompat Jauh : (Lengkap) Ukuran Bak Lompat, Gaya, Tehnik – Tahukah kamu cabang olahraga atletik? berapa jumlah yang dipertandingkan? Secara garis besar cabang atletik terdiri 3 cabang, yaitu lari, lempar, dan lompat. Nah pada artikel kali ini kita akan mempelajari salah satu yaitu lompat lauh.

Perlu kalian ketahui terdapat 3 gaya dalam lompat jauh. Apa saja ketiga gaya tersebut? Dapatkah kalian menyebutkan salah satunya? Ketiga gaya dalam lompat jauh adalah gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara. Sekarang, kalian akan mempelajari lompat jauh gaya jongkok. Tentu kalian sudah tidak sabar untuk mencobanya. Sebelum kalian mencoba, perlu kalian pelajari terlebih dahulu teknik dasarnya.

 

Ukuran Bak Lompat dan Panjang Awalan

Untuk melakukan lompat jauh kalian memerlukan bak lompat. Bagaimana bentuk bak lompat? Coba kalian perhatikan gambar berikut ini!

 

Ukuran Bak Lompat dan Panjang Awalan
Ukuran Bak Lompat dan Panjang Awalan

Lalu berapa panjang awalan? Kalian dapat melakukan awalan sejauh 30-40 m.

 

Rangkaian Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok

Teknik dasar lompat jauh gaya jongkok terdiri dari awalan, tolakan, sikap di udara, dan pendaratan. Coba kalian perhatikan penjelasan berikut ini!

  • Awalan

Awalan merupakan gerakan lari menuju papan tolakan. Pelompat harus berlari cepat menuju papan tolakan.

Gaya lompat jauh
Gaya lompat jauh
  • Tolakan

Tolakan harus dilakukan di atas papan tolakan. Lakukan tolakan dengan satu kaki. Kalian tidak boleh menolak dengan 2 kaki. Gunakan kaki terkuat untuk melakukan tolakan.

Gaya lompat jauh tolakan
Gaya lompat jauh tolakan

 

  • Sikap badan di udara

Tahukah kalian, sikap inilah yang membedakan setiap gaya dalam lompat jauh. Bagaimana sikap badan di udara dalam lompat jauh gaya jongkok?

1) Kedua lutut tertekuk.

2) Kedua lengan di angkat ke atas.

3) Saat akan mendarat, kedua kaki dan lengan diluruskan ke depan bersamaan berat badan dibawa ke depan.

Sikap badan di udara, gaya lompat jauh
Sikap badan di udara, gaya lompat jauh

 

  • Pendaratan

Rangkaian gerak terakhir dalam lompat jauh adalah pendaratan. Kalian harus dapat mendarat dengan baik. Saat mendarat, usahakan jangan sampai mengurangi jauhnya lompatan. Bagaimana caranya? Agar kalian dapat mendarat dengan baik, perhatikan urutan gerakan berikut ini:

1) Pada saat akan mendarat, kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapat.

2) Setelah mendarat, tekuk lutut kalian sehingga badan dalam posisi jongkok. Bersamaan dengan itu, condongkan badanmu ke depan sehingga berat badan ke depan. Tujuannya agar pinggul kalian tidak menyentuh bak pasir. Bila pinggul menyentuh bak pasir, maka jauhnya lompatan akan berkurang.