Jenis Makanan Bergizi dan kandungannya

Setiap mahluk hidup membutuhkan makanan, termsuk manusia. Makanan bergizi dan sehat sangat baik bagi perkembangan balita dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan gizi dan nutrisi akan membentuk tubuh yang sehat dan mencerdaskan otak.

Salah satu kreteria makanan sehat adalah bebeas dari bahan berbahaya dan mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk perkembangan tubuh. Apa saja jenis makanan bergizi? Berikut adalah daftar makanan bergizi dan kandungannya.

 

Jenis Makanan Bergizi dan kandungannya

 

Karbohidrat

Jenis makanan bergizi yang mengandung Karbohidrat
Jenis makanan bergizi yang mengandung Karbohidrat

 

Karbohidrat dihasilkan oleh nasi, ketela pohon, ubi jalar, dan kentang. Makanan yang mengandung karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh manusia.

Banyaknya karbohidrat yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas yang dilakukan. Orang yang beraktivitas lebih berat memerlukan karbohidrat lebih banyak.

 

Lemak

Makanan yang mengandung lemak
Makanan yang mengandung lemak

 

Ada di antara kita yang berbadan gemuk, sedang, dan kurus. Biasanya, orang yang berbadan gemuk dikatakan memiliki lemak yang banyak. Lemak di dalam tubuh kita disimpan sebagai makanan cadangan. Lemak juga berguna sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita, seperti halnya karbohidrat.

Lemak dibagi menjadi 2, yaitu lemak nabati dan hewani. Lemak yang berasal dari tumbuhan dinamakan lemak nabati. Beberapa contoh lemak nabati adalah kacang tanah, durian, kelapa, kemiri, dan alpukat. Lemak yang berasal dari hewan dinamakan lemak hewani. Beberapa contoh lemak hewani adalah daging, minyak ikan, susu, mentega, dan keju.

 

Protein

Jenis Makanan Bergizi yang mengandung Protein
Jenis Makanan Bergizi yang mengandung Protein

 

Dalam masa pertumbuhan, tubuh memerlukan zat pembangun yang cukup. Hal ini agar pertumbuhan tubuhmu berjalan dengan baik. Zat makanan yang diperlukan tubuh sebagai zat pembangun adalah protein. Protein juga berfungsi menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.

Protein yang diperlukan tubuh kita berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Protein yang berasal dari tumbuhan dinamakan protein nabati. Protein yang bersumber dari hewan dinamakan protein hewani.

 

Vitamin

Vitamin berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Keadaan kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Jenis vitamin yang diperlukan tubuh kita adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin-vitamin ini diperoleh dari makanan. Vitamin A, D, E dan K tidak dapat larut di dalam air, tetapi dapat larut dalam lemak. Vitamin B dan C larut di dalam air.

Kegunaan jenis-jenis vitamin beserta sumbernya dapat kamu lihat pada table berikut ini.

 

Vitamin Sumber  Manfaat
A Susu, telur, minyak ikan, hati, mentega, sayuran berwarna hijau. Menjaga kesehatan mata
B Bekatul, beras merah, kacang hijau, susu, hati, telur, ikan Mencegah penyakit beriberi dan gangguan saraf.
C Buah-buahan, sayuran segar Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap suatu penyakit.
D Susu, telur, minyak ikan, mentega Membantu pembentukan gigi.
E Susu, kecambah, hati, daging. Meningkatkan kesuburan dan kesehatan kulit.
K Sayuran hijau, susu, hati Membantu proses pembekuan darah.

 

Mineral

Mineral sangat diperlukan tubuh kita sebagai pembangun dan pengatur tubuh. Walaupun jumlah mineral yang diperlukan tubuh tidak banyak, tetapi harus tetap ada atau dipenuhi. Jenis mineral antara lain zat kapur (kalsium), zat besi, fosfor, fluor, dan yodium.

Berikut adalah jenis makanan yang mengandung mineral beserta kegunaannya.

 

Mineral Sumber Manfaat
Zat kapur (kalsium) Susu, telur, mentega, kacang-kacangan Pembentukan tulang dan gigi
Zat besi Sayuran berwarna hijau, hati, kacangkacangan Pembentukan hemoglobin (zat yang terkandung di dalam sel darah merah)

 

Fosfor Susu, ikan, keju, kacang-kacangan Pembentukan tulang dan gigi
Fluor Susu, ikan laut, kuning telur Menguatkan gigi atau mencegah kerusakan gigi
Yodium Ikan laut, sayuran, garam beryodium Pembentukan hormon tiroksin pada kelenjar gondok

 

Air

Air merupakan cairan yang sangat penting bagi tubuh kita. Sebagian besar berat tubuh kita terdiri dari air. Apakah fungsi air? Air melarutkan zat makanan dan membantu proses pencernaan makanan.

Air banyak terkandung pada buah-buahan dan sayuran. Selain itu, kamu juga harus banyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga kesehatanmu. Setiap hari, kamu harus mengkonsumsi paling tidak 1,5 liter air putih.