Ciri Khusus Makhluk Hidup

Ciri Khusus Makhluk Hidup – Jenis hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita beraneka ragam. Untuk melangsungkan kehidupannya, beberapa jenis hewan dan tumbuhan dilengkapi oleh organ tertentu. Organ tersebut memiliki ciri-ciri khusus yang berguna untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Apakah kamu dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan tumbuhan? Adakah hubungan antara ciri-ciri khusus makhluk hidup dengan tempat hidupnya?

Setiap makhluk hidup telah kelebihan atau kemampuan untuk beradaptasi oleh Tuhan. Kemampuan beradaptasi itu berguna untuk mempertahankan hidupnya. Cara beradaptasi setiap makhluk hidup berbeda-beda. Ada yang beradaptasi secara morfologis, siologis, dan tingkah laku. Ada pun, ciri khusus pada makhluk hidup berhubungan erat dengan cara adaptasi mereka. Apa sajakah hubungan antara ciri khusus dan cara adaptasi makhluk hidup?

 

Ciri Khusus pada Hewan

Ciri Khusus pada Hewan
Ciri Khusus pada Hewan

 

Setiap hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan lain. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusus yang mereka miliki, maka hewan dapat tetap bertahan hidup.

 

Cecak

Kita sering kali melihat cecak yang menempel di dinding atau langit-langit rumah? Cecak sangat jarang berada di lantai. Cecak bergerak dengan cara merayap. Saat merayap di dinding, cecak tidak terjatuh. Mengapa demikian? Coba bandingkan dengan hewan lainnya. Dapatkah ayam atau itik merayap di dinding? Tentu tidak, bukan?

Ternyata, cecak ini memiliki perekat pada setiap ujung pada jari kakinya. Dengan perekat inilah kaki cecak dapat menempel di dinding. Bagaimana bila kakinya tidak bisa diangkat dari dinding karena perekat tersebut? Hal ini tidak akan terjadi. Cecak dapat mengatur banyaknya perekat yang dikeluarkan. Dengan demikian, cecak dapat terus bergerak merayap tanpa terjatuh ke lantai. Cecak dapat merayap di pohon, dinding, atau atap bangunan dengan mudah.

Selain itu, cecak mempunyai kemampuan autotomi. Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cecak yang putus dapat tumbuh kembali.

 

Kelelawar

Kelelawar merupakan salah satu contoh hewan mamalia. Hewan ini mencari makan pada malam hari dan tidur pada siang hari. Kelelawar me miliki indra penglihatan yang buruk, terutama pada malam hari. Tahukah kamu, apa yang dilakukan kelelawar ketika mencari makanannya agar tidak tersesat?

Pada umumnya, kelelawar memakan buah-buahan dan serangga kecil. Ketika terbang mencari makanan, kelelawar memancarkan bunyi. Jika bunyi tersebut mengenai benda, se perti pohon atau serangga, bunyi tersebut dipantulkan kembali. Dengan mendengar bunyi pantul, kelelawar dapat mem perkirakan jauh dekatnya tempat atau makanan yang dituju. Kelelawar dapat men dengarkan bunyi yang lemah sekalipun. Hal itu di sebabkan kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat tajam. Bentuk daun telinga yang lebar mampu menangkap bunyi yang lemah. Selain itu, sayap kelelawar tersusun dari jaringan kulit yang kuat. Oleh karenanya, hewan ini mempunyai kemampuan terbang yang baik. Kelelawar menggunakan suara untuk mengetahui letak suatu tempat dan makanan serta mencari jalan dinamakan ekolokasi.

 

Bebek

Bebek termasuk salah satu jenis unggas. Ia hidup serta mencari makan di daratan dan perairan. Bebek menggunakan kakinya untuk berjalan. Coba bandingkan kaki bebek dengan kaki ayam. Tentu berbeda, bukan? Pada kaki bebek, setiap jarinya dihubungkan dengan selaput. Dengan kaki berselaput, bebek dapat berenang. Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa. Sementara, ayam tidak memiliki jari berselaput. Ayam hidup dan mencari makan di darat saja.

 

Ikan Pemancing

Apakah hewan yang hidup di dalam air memiliki ciri khusus, seperti halnya hewan yang hidup di darat? Ikan pemancing ini memiliki bagian tubuh yang menyerupai pancingan beserta umpannya. Itulah mengapa disebut ikan pemancing. Saat ikan tersebut “memancing”, bagian yang menyerupai pancingnya tersebut digerak-gerakkan. Gerakan umpan ini menarik perhatian ikan kecil.

Setelah ikan kecil berada dekat jangkauan mulut ikan pemancing, segera dimangsanya. Berdasarkan uraian tersebut, kamu telah mengetahui ciri-ciri khusus beberapa hewan. Bagaimana dengan hewan yang hidup pada kondisi lingkungan yang lebih sulit? Bersama temanmu, coba cari informasi mengenai ciri khusus hewan yang hidup di padang pasir, kutub, atau di laut yang dalam. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan adanya hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya.