Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan

Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan – Pernahkah kamu melihat bunga teratai? Jika kamu sedang bermain ke kolam, atau tempat wisata air kamu pasti akan menjumpai bunga teratai. Bagaimana bentuk daun, batang, dan akar teratai? Amati juga tumbuhan yang berada di sekitar mu. Dapatkah kamu menemukan perbedaan antara bunga teratai, kaktus, dan tumbuhan di sekitarmu? Pada artikel kali ini kita akan belajar mengetahui ciri khas beberapa tumbuhan.

 

Pelajari Bagaimana Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan

 

Tumbuhan yang Hidup di Air

Apa sajakah tumbuhan yang hidup di air? Tempat hidup tumbuhan memengaruhi bentuk bagian tubuh tumbuhan. Tumbuhan air, seperti teratai memiliki daun lebar, dan batang berongga. Adapun akarnya pendek dan berbentuk serabut.

Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan
Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan

 

Daun teratai berbentuk lebar karena hidup di tempat yang banyak air. Selain itu, daun yang lebar memungkinkan daun teratai tetap mengapung. Batang berongga digunakan untuk membantu teratai mengambang di air. Akar yang pendek tidak menyulitkan teratai untuk menyerap air. Akar lebih berfungsi untuk mengokohkan tubuh tumbuhan.

 

Tumbuhan yang Hidup di Tempat Kering

Lain halnya dengan tumbuhan yang hidup di tempat kering, seperti gurun pasir. Daun kaktus berbentuk duri sehingga dapat mengurangi penguapan air. Bagian tumbuhan yang seringkali dikira daun, sebenarnya merupakan batangnya. Batang kaktus yang berair menyebabkan fotosintesis lebih banyak terjadi pada bagian ini. Akar kaktus memanjang karena diperlukan untuk mencari air permukaan tanah.

 

Tumbuhan yang Hidup di Darat

Tumbuhan yang hidup di darat memiliki ciri-ciri khusus. Jika tempat hidupnya di daerah lembap, daunnya lebih tipis dan lebih lebar dibandingkan tumbuhan yang hidup di daerah kering. Itulah sebabnya daun talas lebih tipis dan lebar daripada daun melati. Talas hidup di tempat yang lebih lembap.

 

Tumbuhan Pemakan Serangga

Pernahkan hamu melihat tumbuhan pemakan serangga? Tumbuhan yang akan diuraikan adalah kantung semar dan tumbuhan kejora. Kedua tumbuhan ini berbeda dengan tumbuhan yang telah kamu ketahui. Selain mendapatkan nutrisi dari tanah, tumbuhan ini pun juga menangkap serangga. Berikut akan diuraikan mengenai kedua tumbuhan tersebut. Baca Juga: Ciri Khusus Makhluk Hidup

 

  • Kantung Semar

Kantung semar tumbuh di daerah yang tanahnya miskin kandungan nitrogen. Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, tumbuhan ini menangkap dan memakan serangga. Bagaimanakah cara kantung semar menangkap serangga?

Kantung semar mempunyai kantung berbentuk guci. Permukaan bagian dalam daunnya mempunyai kelenjar yang menghasilkan madu. Nah, madu inilah yang menarik perhatian serangga untuk mendekati sumber madu. Ketika serangga masuk ke bagian dalam daun, ia akan tergelincir. Hal ini disebabkan permukaan bagian dalam daun kantung semar tersusun atas lapisan lilin yang licin. Kemudian, kantung tersebut akan menutup. Cairan enzim yang ada di dalam kantung akan menghancurkan serangga. Pada akhirnya, nitrogen pada serangga tersebut dapat diserap.

 

  • Tumbuhan Kejora

Seperti halnya kantung semar, tumbuhan kejora juga menangkap serangga. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan nitrogen. Hal yang membedakannya dengan kantung semar, yaitu bentuk perangkapnya. Tumbuhan kejora dilengkapi dengan perangkap berengsel dan berlengan pada daunnya. Jika serangga hinggap di atasnya, alat tersebut akan menutup dan mencengkeram serangga. Dengan cairan yang ada di dalamnya, serangga akan hancur dan mati. Nitrogen yang terdapat pada serangga diambil oleh tumbuhan ini.

Apakah hanya batang, dan daun saja yang menyesuaikan dengan tempat hidupnya? Bagaimana dengan bentuk biji? Tumbuhan berusaha untuk mempertahankan hidupnya dengan cara mengadakan penyesuaian pada batang, daun, maupun akar. Tumbuhan juga mengadakan penyesuaian bentuk terhadap biji. Tumbuhan yang waktu hidupnya singkat akan memperbanyak biji. Hal ini dilakukan untuk melestarikan jenisnya. Itulah tadi sedikit informasi mengenai ciri khusus beberapa tumbuhan yang ada di darat, air, gurun dan lain sebagainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *