Cara Hewan dan Tumbuhan Berkembang Biak

Cara Hewan dan Tumbuhan Berkembang Biak – Setiap hewan  dan tumbuhan memiliki kemampuan untuk  berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dan tumbuhan tersebut dapat lestari. Tahukah kamu, bagaimana cara hewan dan tumbuhan kembang biak? Untuk mengetahuinya, mari kita coba cari informasi mengenai cara perkembangbiakan kucing, ayam, burung, ikan, katak, dan sapi. Setelah itu, golongkan hewan-hewan tersebut, manakah yang berkembang biak secara bertelur dan secara melahirkan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara hewan dan tumbuhan berkembang biak.

 

Cara Hewan dan Tumbuhan Berkembang Biak

 

Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur ini disebut ovipar. Ayam dan jenis burung lainnya berkembang biak secara ovipar.

Cara Hewan dan Tumbuhan Berkembang Biak
Cara Hewan dan Tumbuhan Berkembang Biak –  image greenpearls.com

 

Berapa lamakah waktu yang diperlukan induk ayam untuk mengerami telurnya? Untuk menjadi anak ayam, telur dierami selama 21 hari. Apakah kamu dapat menyebutkan hewan ovipar lainnya? Apakah sama waktu yang diperlukan satu hewan dengan hewan lainnya untuk mengerami telurnya hingga menetas?

 

Perkembangbiakan Hewan Secara Vivipar

Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut dengan vivipar. Kelompok hewan ini biasanya berambut dan memiliki daun telinga. Jika hewan ovipar mengerami telurnya, maka  hewan betina vivipar mengalami proses kehamilan sebelum melahirkan anaknya. Pada proses kehamilan yang terjadi di rahim ini, embrio terus berkembang. Embrio mendapat makanan dari induknya yang dibawa oleh darah melalui plasenta.

 

Perkembangbiakan Hewan Secara Ovovivipar

Menurutmu, adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Tidak selamanya ular me lahirkan anaknya. Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anak-anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telur nya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara seperti itu disebut ovovivipar. Contoh hewan ovovivipar lainnya adalah kadal dan hiu.

Cara perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur, melahirkan, serta bertelur-melahirkan termasuk pada per kembang biakan secara generatif. Hewan yang berkembang biak secara generatif dapat dibedakan antara jantan dan betinanya. Perkembangbiakan generatif didahului dengan perkawinan.

Perkawinan pada hewan biasanya didahului de ngan tingkah laku tertentu. Beberapa hewan ada yang melakukan tarian, membuat sarang, berpelukan, berkejaran, bernyanyi, dan memamerkan keindahan tubuhnya.

Bagaimana dengan hewan-hewan yang tidak dapat dibedakan jantan dan betinanya, seperti Amoeba, cacing Planaria, dan Hydra? Hewan-hewan tersebut ber kem bang biak tanpa melalui perkawinan dan pembuahan. Cara perkembangbiakan seperti ini disebut perkembang biakan vegetative.

Amoeba dan cacing Planariaberkembang biak dengan cara membelah diri. Adapun Hydra berkembangbiak dengan cara ber tunas. Dengan cara ini, mereka dapat memperbanyak diri.

 

Cara Tumbuhan  Berkembang Biak

Ada dua cara perkembangbiakan tumbuhan yaitu cara generatif dan cara vegetatif. Perkem bangbiakan dengan cara generatif ditandai dengan adanya penyerbukan atau pembuahan. Tumbuhan yang memiliki bunga merupakan tumbuhan yang berkembang biak melalui pem buahan.

Masih ingatkah kamu, apa yang diperlukan agar pembuahan terjadi? Kerja sama individu betina dan individu jantan dibutuhkan untuk itu. Bagaimana dengan tumbuhan? Tentu saja, tumbuhan tersebut harus memiliki jenis kelamin yang berbeda. Apakah jenis kelamin pada tumbuhan sama dengan jenis kelamin pada hewan?

Tumbuhan memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan. Seperti halnya hewan, tumbuhan memiliki alat kelamin tumbuhan.

Putik merupakan alat kelamin betina, sedangkan benang sari merupakan alat kelamin jantan. Pada benang sari terdapat serbuk sari. Tidak semua bunga memiliki putik dan benang sari. Ada bunga yang hanya memiliki putik atau disebut dengan bunga betina. Ada pula yang hanya memiliki benang sari atau disebut dengan bunga jantan. Bunga yang memiliki putik dan benang sari disebut bunga hermafrodit.

Pembuahan pada tumbuhan diawali dengan pe nyerbukan. Peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik disebut penyerbukan. Penyerbukan yang terjadi di tanaman yang sama disebut penyerbukan sendiri. Adapun penyerbukan silang yang terjadi pada tanaman berumah dua. Tanaman berumah dua hanya memiliki satu macam bunga, bisa jantan atau betina saja. Bagaimanakah proses penyerbukan tersebut?

Angin, serangga, burung, air, dan bahkan manusia dapat membantu tumbuhan melakukan proses penyerbukan.

Setelah penyerbukan, terjadilah pembuahan. Bagaimana terjadinya pembuahan pada tumbuhan? Apakah akan dihasilkan telur atau anak seperti halnya hewan? Pembuahan pada tumbuhan akan menghasilkan biji. Kemudian, biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Biji pada tumbuhan ada yang tertutup oleh daging buah, tertutup oleh kulit biji, dan ada pula yang telanjang.

 

Bagaimanakah proses perkembangan biji menjadi tanaman dewasa?

Biji kacang akan tumbuh menjadi kecambah. Beberapa hari kemudian, kecambah bertambah tinggi dan mulai berdaun. Jika kamu memerhatikan bagian bawah kecambah, kamu akan menemukan akar kecambah yang berbentuk serabut. Itulah tadi sedikit informasi mengenai Cara Hewan dan Tumbuhan Berkembang Biak. Semoga kalian lebih paham dan mengerti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *